Suasana Pembelajaran di Kelas
IPA adalah suatu pengetahuan teori yang diperoleh/disusun dengan cara yang khas-khusus, yaitu melakukan observasi eksperimentasi, penyimpulan, penyusunan teori, eksperimentasi, observasi dan demikian seterusnya kait mengait antara cara yang satu dengan cara yang lain (Ahmadi dan Supatmo, 2000 ). Sedangkan Carin dan Sund dalam Trianto ( 2007:99 ) mendefinisikan IPA sebagai “pengetahuan yang sistematis dan tersusun secara teratur, berlaku umum (universal), dan berupa kumpulan data hasil observasi dan eksperimen
Pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT) adalah salah satu tipe atau model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa ada perbatasan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya, dan mengandung unsur permainan dan reinforcement. Aktivitas belajar dengan model TGT memungkinkan siswa dapat belajar rileks di samping menumbuhkan tanggung jawab, kerja sama, persaingan sehat, dan keterlibatan belajar (Hamdani, 2011:92).
Suasana Pembelajaran dengan berdiskusi menjadikan proses belajar menjadi lebih hidup, seperti yang terjadi di kelas 9D pada Mata Pelajaran IPA, terlihat suasana diskusi begitu hidup, masing-masing kelompok berusaha memecahkan masalah dengan sebaik-baiknya.
suasana diskusi mengenai pembelajaran IPA di kelas
Siswa Berdiskusi
Diskusi Siswa tentang Tanaman