Suasana Pembelajaran di Kelas

IPA adalah suatu pengetahuan teori yang diperoleh/disusun dengan cara yang khas-khusus, yaitu melakukan observasi eksperimentasi, penyimpulan, penyusunan teori, eksperimentasi, observasi dan demikian seterusnya kait mengait antara cara yang satu dengan cara yang lain (Ahmadi dan Supatmo, 2000 ). Sedangkan Carin dan Sund dalam Trianto (  2007:99 ) mendefinisikan IPA sebagai “pengetahuan yang sistematis dan tersusun secara teratur, berlaku umum (universal), dan berupa kumpulan data hasil observasi dan eksperimen

 

Pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT) adalah salah satu tipe atau model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa ada perbatasan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya, dan mengandung unsur permainan dan reinforcement. Aktivitas belajar dengan model TGT memungkinkan siswa dapat belajar rileks di samping menumbuhkan tanggung jawab, kerja sama, persaingan sehat, dan keterlibatan belajar (Hamdani, 2011:92).

Suasana Pembelajaran dengan berdiskusi menjadikan proses belajar menjadi lebih hidup, seperti yang terjadi di kelas 9D pada Mata Pelajaran IPA, terlihat suasana diskusi begitu hidup, masing-masing kelompok berusaha memecahkan masalah dengan sebaik-baiknya.

suasana diskusi mengenai pembelajaran IPA di kelas

Siswa Berdiskusi

Diskusi Siswa tentang Tanaman

Video Profile Sekolah

Video Sambutan Kepala Sekolah

Video Bacaan Asmaul Husna

Statistic

flag Hari Ini 17
flag Kemarin 48
flag Minggu Ini 384
flag Minggu Lalu 312
flag Bulan Ini 1168
flag Bulan Lalu 2038
flag Total 36686