Akreditasi SMP 2 Banguntapan Tahun Pelajaran 2018/2019

Akreditasi sekolah adalah penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah.

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 29 tahun 2005 Tentang Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah  menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan Akreditasi Sekolah/Madrasah adalah suatu kegiatan penilaian kelayakan suatu Sekolah/Madrasah berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan dilakukan oleh BAN-S/M yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan peringkat kelayakan.

 

Pengertian lain mengenai akreditasi adalah sebuah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan dan kinerja satuan dan/atau program pendidikan, yang dilakukan sebagai bentuk akuntabilitas publik (Ara Hidayat dan Imam Machali, 2012:168).

Didalam proses akreditasi, sebuah sekolah dievaluasi dalam kaitannya dengan arah dan tujuannya, serta didasarkan kepada keseluruhan kondisi sekolah sebagai sebuah institusi belajar.

Akreditasi merupakan alat regulasi (self-regulated) agar sekolah mengenal kekuatan dan kelemahan serta melakukan upaya yang terus menerus untuk meningkatkan kekuatan dan memperbaiki kelemahannya, (Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas, 2007:3 dalam Ara Hidayat dan Imam Machali, 2012:168).

Foto Bersama Asesor

Penjab Standar Isi

Penjab Penilaian dan Pengelolaan

Penjab Tendik

User Panel

Statistic

flag Hari Ini 17
flag Kemarin 36
flag Minggu Ini 301
flag Minggu Lalu 342
flag Bulan Ini 155
flag Bulan Lalu 1287